Tahun 2015 Akan Ada Patung Ikan Belido di BKB

Desain Ikan Belido di BKB
Desain Ikan Belido di BKB

Palembang – Pemerintah Kota Palembang bersama PT Bukit Asam (PTBA) Tidak lama lagi akan membuat ikon wisata baru, menyatu dengan Plaza Benteng Kuto Besak (BKB) replika ikan Belido akan berdiri menghadap Sungai Musi setinggi 9 meter menjadi tandingan pintu gerbang objek wisata di kota Palembang.
“Secepatnya tahun depan (2015) akan dibangun iwak (ikan) Belido ciri khas Palembang di BKB,”kata Plt Walikota Palembang H.Harnojoyo,Senin (22/12).

Pembangunan ikan Belido ini diambil dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) PT Bukit Asam (BA).
“Kami sudah sharring dengan PT Bukit Asam (PTBA) untuk alokasi dana Corporate Social Responsibility (CSR). Karena bahan pembuat replika ikan ini rencananya dari batu bara,” katanya.
Selama ini kota Palembang,kata Harnojoyo Jembatan Ampera selalu menjadi ikon kunjungan wisatawan, replika ikan yang terkenal dari Sungai Musi ini akan menambah daya tarik tersendiri bagi kunjungan wisatawan di kota Empek-empek.
“Ini bisa menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) kita dari sektor wisata,”tegasnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Tata Kota Palembang Isnaini Madani mengatakan,replika ikan Belido ini akan berdiri tinggi melebih patung singa berbadan ikan Merlion yang ada di Singapura.
“Patungnya akan menghadap Sungai Musi berdiri dipingiran sungai di BKB juga mengeluarkan air dari mulutnya,”ungkapnya. Desain kata Isnaini telah dirampungkan dan akan diajukan ke PT BA dan rekomendasi Pemerintah Kota.
“Desain yang kami buat ini baru rancangan, jika nantinya disetuji atau ada revisi nanti disesuaikan. Namun harapan kami ini dapat disetujui mengingat icon Ikan Belido ini sangat kental dengan Sungai Musi,” katanya.
Untuk menambah keindahan pada malam harinya akan menambah permainan lighting cahaya. “Untuk proses pengerjaan jika desain disepakati diperkirakan akan dibangun tahun depan, namun teknisnya masih menunggu kondisi nanti,” Pungkasnya. (Humas)


Leave a Reply