Ini Dia Hasil Pemeriksaan Anggaran Pemilu di Sumsel

Politik
Politik

Palembang – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), H Mukti Sulaiman menghadiri acara Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Pelaksanaan  Anggaran Pemilihan Umum pada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumsel, KPU Kota Palembang, KPU Kab. MURA, KPU Kab. MUBA, KPU Kab. Muara Enim, dan KPU Kab. Lahat Tahun 2013 dan 2014 di Palembang, Muara Beliti, Sekayu, Muara Enim, dan Lahat di Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) Perwakilan Prov. Sumatera Selatan, Selasa (6/1).
LHP atas pelaksanaan  anggaran pemilihan umum pada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Prov. Sumsel tersebut diserahkan langsung oleh Kepala BPK RI Perwakilan Sumsel I Gede Kastawa.
Pemeriksaan Pelaksanaan Anggaran Pemilu pada Komisi Pemilihan Umum bertujuan untuk menilai sistem pengendalian internal dalam pengelolaan keuangan apakah telah dirancang dan dilaksanakan secara memadai serta pelaksanaan anggaran Pemilu apakah telah dilaksanakan sesuai ketentuan.
Kepala BPK RI Perwakilan Sumsel I Gede Kastawa mengatakan dalam sambutannya bahwa tujuan BPK adalah memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah , Lembaga Negara, Bank Indonesia, BUMN, Badan Layanan Umum, BUMDm dan lembaga atau Badan lain yang mengelola keuangan Negara.
“ Jenis pemeriksaan yang BPK lakukan sesuai dengan pasal 4 Undang-UNdang Nomor 15 Tahun 2004 yaitu Pemeriksaan Keuangan, Pemeriksaan Kinerja, dan Pemeriksaan dengan Tujuan Tertentu” ucapnya.
Lanjutnya, pada rencana kerja pemeriksaan BPK Perwakilan Provinsi Sumsel Semester II Tahun 2014 ini melakukan 8 pemeriksaan kinerja dan 10 pemeriksaan dengan tujuan tertentu. “Pemeriksaan Kinerja Semester II Tahun 2014 antara lain Pemeriksaan kinerja atas pengelolaan pelayanan rawat inap pada RS Dr Sobirin Kabupaten Musi Rawas yang mencakup kegiatan yang dilaksanakan Tahun Anggaran 2013 dan Semester I TAhun 2014.
Disamping itu juga dilakukan pemeriksaan kinerja atas efektivitas pengelolaan tenaga kependidikan serta sarana dan prasarana sebanyak satu obyek yang mencakup kegiatan yang dilaksanakan Tahun Anggaran 2013 dan Semeter I Tahun 2014 pada Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Palembang.
Sementera untuk pemeriksaan dengan tujuan tertentu Semester II Pada Tahun 2014 antara lain belanja daerah yang mencakup kegiatan yang dilaksanakan Tahun Anggaran 2013 dan 2014 pada Pemerintah Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Lahat, Kabupaten Musi Banyuasin dan Kabupaten Empat Lawang.
“Ada temuan berulang yaitu belanja perjalanan dinas dan kekurangn pelaksanaan pekerjaan pada seluruh entitas pemeriksaan atas belanja daerah Tahun Anggaran 2013 dan 2014” terangnya. (REP)



Leave a Reply