2015, Kebun Raya Botani Mulai Dibangun

Sejumlah Perusahaan Siap Membantu

Konsep Kebun Raya Botani
Konsep Kebun Raya Botani

Palembang – Kepala Badan Penelitian Pengembangan dan Inovasi Daerah (Balitbangnovda) Sumsel Ekowati Retnaningsih menegaskan, sedikitnya lima perusahaan besar telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Pemprov Sumsel untuk melakukan pembangunan kebun raya yang disebut-sebut menyerupai Kebun Raya Botani di Ghuang Zhou, China tersebut.
Diketahui, Kebun Raya Sumsel berlokasi di Desa Bakung, Kecamatan Inderalaya Utara, Km 45, Kabupaten Ogan Ilir. Luasan lahan untuk Kebun Raya Sumsel sekitar 100 hektare, hibah dari Pemkab Ogan Ilir.
Para perusahaan ini terlibat dalam pendanaan sejumlah pembangunan pendukung untuk menyempurnakan kebun yang saat ini telah merampung Detail Engineering Design (DED) tersebut. “Untuk gelombang pertama sebanyak lima perusahaan, untuk gelombang kedua akan ada enam perusahaan lagi yang sudah siap memberikan bantuan,” tegas Ekowati usai penandatanganan MoU dengan sejumlah perusahaan di Griya Agung Palembang, kemarin.
Menurutnya, lima perusahaan ini memberikan bantuan dari program CSR perusahaan mereka, antara lain PT Bukit Asam yang akan membangun kantor pengelola pusat informasi senilai Rp9,2 miliar, PT Sentosa membangun pola pos jaga dengan dana Rp500 juta, PT Pertamina membangun rumah kaca dan rumah paranet sekitar Rp11,5 miliar, BRI membangun panggung terbuka dengan dana Rp100 juta, serta Bank SumselBabel membangun wisma tamu lima cluster dengan dana Rp1,2 miliar. “Mekanismenya perusahaan yang membangun dan setelah itu diserahkan (hibah) ke Pemprov Sumsel,” sebutnya. (REP)



Leave a Reply