Pembeli Sepi, Harga Ayam Kampung Merosot

pedagang
 
 
 
 
 
Palembang, BP
Meskipun harga ayam kampung sudah menurun, namun penjualan masi terbilang minim akibat sepinya pembeli.
Saat ini harga ayam potong saja dipasaran sudah turun menjadi Rp 22 ribu /kg, namun untuk harga ayam kampung itu bisa jauh lebih mahal lagi sebab itulah paminat daging ayam kampung mulai sepi kembali yang semula sempat naik daun ketika mendekati hari raya lebaran.
“Penjualan sekarang semakin sepi bahkan mau untung saja sudah susah, padahal harga ayam kampung sudah turun, tapi pembeli masih saja sepi untuk membeli ayam kampung, ditambah ayam potong sudah mulai turun, apalagi untuk harga ayam kampung walau turun tapi jarak harga dengan ayam potong masih cukup jauh berbeda,” ujar Rahmat penjual ayam kampung di pasar Kuto.
Penyebab turunya harga ayam kampung akibat dari sepinya pembeli dan jumlah ayam yang cukup banyak
Ayam kampung yang dikenal memiliki nilai gizi yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan ayam potong biasa serta tidak ada peternak khusus ayam kampung dalam sekala besar seperti halnya ayam potong.
Lanjutnya ayam kampung yang sempat menjajaki masa jaya pada saat mendekati lebaran penjualannya bisa berlipat ganda dari hari biasa, namun pasca lebaran penjualan ayam potong cendrung sepi. “Waktu sudah mau dekat lebaran itu ayam potong laris bahkan kehabisan dalam sehari saja penjualan bisa mencapai hingga 100 ekor ayam potong, bahkan kami sendiri dibuat kualahan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang terus meningkat. Tapi saat ini lebaran sudah berlalu penjualan ayam kampung terperosok jauh dalam sehari saja cuma bisa menjual 5 sampai 6 ekor ayam kampung sudah jauh sekali penurunannya,” ungkapnya Pada BeritaPagi.
Ia juga mengatakan untuk mendapatkan stock ayam kampung dari daerah disekitaran wilayah Ogan Ilir dan daerah lain, yan kemudian dikumpulkan untuk memenuhi stock untuk lebaran Haji nanti.
Maryani salah seorang pengunjung pasar yang lebih memili membeli ayam potong ketimbang ayam kampung karna harganya yang jauh berbeda. “Kalo mau dibilang enak yah masi enak rasa daging ayam kampung dan juga lebih banyak gizi, taoi mau bagaimana lagi karna harganya yang mahal jadi beli ayam potong saja walau harganya masi tinggi,” ujarnya.



Leave a Reply