30 Ribu Masker Dibagikan

MEMBAGIKAN BASKERPalembang, BP – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) membagikan 30 ribu masker kepada masyarakat kota Palembang.
Plt Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumsel Iriansyah mengatakan kalau masker tersebut dibagikan di Kambang Iwak, , Fly Over Jaka Baring , di depan Pasar Cinde.
” Untuk Sumsel kita dapat bantuan pusat sekitar 250 ribu  masker, dimana yang masker 30 ribu  yang kita bagikan hari ini dan itu dari jatah 250 ribu itu , selain itu kita akan  distribusikan masker ini juga ke kabupaten dan kota di Sumsel, dan kita masih ada stok masker untuk kita bagikan lagi besok,” katanya, Minggu (20/9).
Pembagian tersebut dilakukan hingga masker -masker tersebut habis.” Kalau untuk kondisi asap , masih ada di Sumsel tapi kita upaya terus,” katanya.
Sementara itu Ketua Komisi V DPRD Sumsel Fahlevi Maizano mengatakan meminta aparat kepolisian jangan tebang pilih dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan .
” Jangan lagi kita melihat itu pelakunya di lapangan di lapangan di tindak tapi kalau lahan terbakar milik perusahaan, perusahaan punya tanggungjawab untuk hal tersebut,” katanya, Minggu  (20/9).
Pihaknya mengapresiasi dengan penetapan lima tersangka Direktur dari perusahaan perkebunan di Sumsel yang menyebabkan kebakaran hutan dan lahan di wilayahnya oleh Polda Sumsel.
” Yang lucunya lagi di koran beberapa waktu yang lalu masyarakat yang dapat upahan untuk membersihkan taman kota bakar sampah itu dijadikan tersangka itu tidak bener,” katanya.
Diakuinya masyarakat ikut membakar lahan namun luasannya tidak banyak namun yang terbanyak kebakaran lahan dan hutan itu sebenarnya dari perusahaan sendiri.
” Harusnya dilakukan pembinaan kepada masyarakat dan perusahaan agar jangan membakar dimusim kemarau saat ini tapi bakar waktu ketika akan hujan , itu pupuknya lebih bagus, kalau di bakar sekarang maka jadi debu,” katanya.     Pihaknya meminta dinas terkait harus membuat kanal block di lahan gambut untuk memberikan skat lokasi kebakaran dengan yang tidak kebakaran.
” Dalam kondisi kering hamburan itu bisa jadi kebakaran  dengan kanal blok ini bisa melokalisir kebakaran lahan , ini bukan tanggung dinas bae tapi juga tanggungjawab perusahaan juga , apalagi kanal blok juga berfungsi untuk membasahi gambut agar tidak terbakar,” katanya.
Selain itu  areal gambut di Sumsel luas dan setiap tahun akan terjadi kebakaran.
“Kita minta jangan hanya kalau terjadi kebakaran baru turun tapi bagaimana pencegahan, ini bukan bencana lokal tapi sudah nasional, apalagi tiap tahun terjadi dan berpengaruh dengan negara lain,” katanya.osk



Leave a Reply