20 Pasien Terserang DBD

RSUDLubuklinggau,BP-Direktur Rumah Sakit Siti Aisyah Kota Lubuklinggau, dr. Mats Idris Usman kepada wartawan mengungkapkan terjadi peningkatan kasus demam berdarah (DBD). Sayangnya dia mengaku tidak mengetahui rinciannya secara jelas, namun dia mengatakan ada beberapa pasien di Rumah Sakit ini mengidap Demam Berdaran Dengue (DBD).
“Ada beberapa kasus demam berdarah dalam beberapa hari ini dan pasiennya dirawat di Rumah Sakit Siti Aisyah,” katanya.
Keberadaan jenis penyakit demam berdarah ini tidak bisa dianggap enteng karena bisa berujung pada kematian. Meski hanya terjadi pada segelintir kasus, DBD bisa berkembang menjadi sebuah komplikasi yang lebih serius, yang disebut sebagai DBD berat.
“DBD berat bisa menyebabkan penderitanya mengalami penurunan tekanan darah atau syok, kerusakan organ, serta pendarahan. Oleh karena itu antarkan penderita DBD berat ke rumah sakit untuk ditangani secepatnya karena dikhawatirkan bisa berujung kepada kematian jika terlambat ditangani,” kata dia.
Meski hingga saat ini belum ada vaksin yang bisa menangkal DBD, namun beberapa langkah pencegahan penyakit ini bisa Anda lakukan, diantaranya mensterilkan rumah atau lingkungan sekitar rumah Anda, misalnya dengan penyemprotan pembasmi nyamuk.
Lebih lanjut, dia menghimbau kepada masyarakat untuk membersihkan bak mandi dan menaburkan serbuk abate agar jentik-jentik nyamuk mati. Menutup, membalik, atau jika perlu menyingkirkan media-media kecil penampung air lainnya yang ada di rumah.
Juga memasang kawat anti nyamuk di seluruh ventilasi rumah Anda atau dengan memasang kelambu, juga bisa memakai anti nyamuk, terutama yang mengandung n-diethylmetatoluamide (DEET) yang terbukti efektif.
Sementara itu, Kasubid Keperawatan Rumah Sakit Siti Aisyah, Nirwana kepada wartawan menjelaskan ada 19 orang yang positif mengidap penyakit DBD dan mendapatkan perawatan intensif dirumah sakit tempatnya bekerja.
“Ada 19 orang yang mengidap DBD/ DHF, dan satunya lagi baru masuk sore ini berasal dari Lubuklinggau sendiri, Musi Rawas dan Musi Rawas Utara,” ungkapnya. O. Kur



Leave a Reply