Pendidikan Bentuk Penguatan Karakter Bangsa

indexPalembang, BP-Membentuk karakter bangsa dalam cerminan di sektor pendidikan merupakan tanggung jawab besar bagi para tenaga pendidik dan siswa serta mahasiswa. Hal ini diutarakan mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada seminar nasional bertema Akselerasi Inovasi Pendidikan di Universitas Kader Bangsa (UKB), Rabu (30/3).
Pesan SBY tersebut diberikan dalam acara seminar nasional pendidikan serentak se- Indonesia melalui media telekonferensi secara langsung di 13 kota besar salah satunya di Palembang. Hal ini juga sekaligus memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) dengan menggelar seminar secara telekonferensi serentak di beberapa provinsi.
Ketua Pelaksana Seminar Nasional di kampus UKB Rudy Muktamar menjelaskan, kegiatan ini merupakan kerja sama antara UKB dan Universitas Negeri Semarang (Unnes). Pihaknya sengaja menghadirkan dosen, mahasiswa dan para praktisi pendidikan yang ada di Palembang.
“Secara langsung tadi pak SBY melakukan telekonferensi secara live dari Semarang. Selama beliau memaparkan kami di sini bisa melihat dan mendengar dari proyektor yang sudah disediakan. Banyak pesan yang bisa diberikan kepada para dosen, mahasiswa di kampus kita ini,” kata Rudy.
Rudy mengatakan, tema yang diusung Pak SBY tentunya cukup mengena di semua lapisan khususnya terkait membentuk karakter bangsa. Rudy menjelaskan, kata-kata SBY membentuk karakter bangsa di sektor pendidikan adalah tanggung jawab dosen dan mahasiswa. Artinya semua itu harus dipahami oleh elemen yang tergabung di dalam dunia pendidikan tersebut.
“Kami tadi mendengar semua cukup jelas apa yang diutarakan dan tema yang diusung bapak SBY tepat sekali sasarannya. Karena nilai-nilai karakter bangsa Indonesia harus ditelurkan kepada mahasiswa dan sebaliknya dosen juga harus menanamkannya seperti nilai-nilai patriotisme, nasionalisme dan sebagainya,” bebernya.
Sementara itu, salah satu praktisi pendidikan Prof Dr Tjetjep Rohendi Rohidi menjelaskan, membentuk karakter bangsa bisa juga bisa dilakukan diberbagai sektor. Sebagai Ketua Program Studi Pendidikan Seni S3 Pascasarjana Unnes ia juga mengatakan, dari seni karakter bangsa juga bisa ditelurkan kepada dosen dan mahasiswa.
“Makanya kita juga pilih UKB karena pendidikan berbasis kesehatan juga bisa menyalurkan pendidikan karakter bangsa kepada para mahasiswa. Kita dari Unnes cukup senang bisa bekerja sama di kampus ini,” jelasnya.
#adk



Leave a Reply