Pembukaan Piala Menpora U-16 di Palembang

1Palembang, BP-Kota Palembang kini terus menjadi sorotan setelah sukses menyelenggarakan berbagai multievent internasional, mulai dari SEA Games, Islamic Solidarity Games (ISG), ASEAN University Games (AUG), hingga Asian Games 2018.

Hal tersebut yang menjadi salah satu alasan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Imam Nachrowi untuk menyelenggarakan pembukaan secara nasional Liga Pelajar U-16 Piala Menpora di Palembang pada 24 Juli 2016.

“Kita baru saja terima surat dari Menpora Bapak Imam Nachrowi tentang penyelenggaraan pembukaan Liga Pelajar U-16 Piala Menpora 2016. Surat ini akan kita tembuskan ke Walikota Palembang,” ujar Sekretaris Umum Asosiasi PSSI kota Palembang, Irwansyah Masral, Selasa (7/6).

Sambung Irwansyah, Liga Pelajar U-16 tersebut diselenggarakan di seluruh wilayah mulai dari beberapa zona di provinsi hingga total 34 provinsi sebagaimana yang telah berjalan saat ini di Liga Pelajar U-14.

Dirinya berharap ini menjadi kebangkitan sepakbola diusia pelajar di kota Palembang setelah lama tak menyelenggarakan kompetisi resmi atas pembekuan yang tujukan ke badan olahraga si kilit bundar ini oleh Menpora RI.

“Artinya, mudah-mudahan ini bisa menjadi semangat Palembang dan Sumsel umumnya karena dibuka di Palembang dan ini diselenggarakan serentak secara nasional,” harapnya.

Sementara itu, Kordinator Wilayah Sumsel Liga Pelajar U-16 Piala Menpora Zulkarnain menyatakan bahwa rencananya pembukaan dilakukan di Stadion Bumi Sriwijaya. Namun demikian, dirinya masih menunggu keputusan dari Walikota Palembang yang dalam hal ini juga sebagai Ketua Umum Asosiasi PSSI kota Palembang.

“Rencananya dibuka di Stadion Bumi Sriwijaya, tapi kita ingin usahakan mudah-mudahan bisa di Gelora Sriwijaya Jakabaring,” ujarnya.

Dikatakan Zulkarnain bahwa di level U-14 Piala Menpora sendiri tinggal menunggu di kompetisi level Provinsi pada 1 Agustus 2016 dari zona Palembang I, Palembang II, Muba, Pagaralam, Lahat dan OKU Selatan untuk maju mewakili Provinsi di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) pada 9 September 2016 dengan menemukan perwakilan tim top Tanah Air mewakili Provinsinya.

“Begitu juga dengan yang U-16. Kita berharap ini menjadi momen bagi pesepakbola pelajar untuk menjadi peluang didivisi utama diusianya,” pungkasnya. #sug



Leave a Reply