Pjs Wali Kota Palembang Ajak Masyarakat dan Industri Peduli Sampah

Pjs Walikota Palembang, Ahmad Najib berfoto bersama pekerja di lingkungan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Palembang. (Foto: Ist)
 
Palembang,  – – Pjs Walikota Palembang, Ahmad Najib mengajak masyarakat dan industri untuk peduli pada sampah agar Kota Palembang menjadi lebih bersih. Kebersihan Kota Palembang menjadi tanggungjawab bersama baik pemerintah, masyarakat maupun industri.
Adapun jumlah sampah yang dihasilkan oleh satu orang masyarakat Kota Palembang dalam satu hari saja mencapai 0.8 kilogram. Sedangkan jumlah masyarakat Kota Palembang mencapai 1.8 juta maka akan menghasilkan jumlah sampah yang luar biasa.
“Jumlah sampai yang begitu banyak tersebut, tanpa bantuan dari masyarakat dan industri tentu tidak akan bisa terselesaikan,” ujar dia, Jumat (23/2/2018).
“Luas wilayah Kota Palembang mencapai 400 km persegi. Kita pemerintah memerlukan bantuan dari masyarakat dan industri dalam menyelesaikan persoalan sampah ini,” tambahnya.
Dari masyarakat sendiri, lanjut dia, masyarakat diminta memiliki kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya dan menghemat jumlah sampah. Sedangkan untuk industri bisa memberikan CSR dalam bentuk alat pengangkut maupun sarana lain untuk mengatasi persoalan sampah di Kota Palembang.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Palembang, Faizal AR menambahkan, total pekerja hanya berjumlah 1.119 orang. Untuk angkutan sampah hanya berjumlah 80 buah yang layak pakai dari total 103 angkutan yang tersedia.
“Bulan depan kita akan lakukan rekrutmen sebanyak 60 orang tambahan. Sehingga tugas di lapangan lebih ringan dan cepat,” katanya.
Untuk alat berat hanya tersedia dua eksavator dalam kondisi rusak. Sehingga dalam proses perkejaannya pihaknya meminjam alat berat dengan pihak lain.
Namun, pada tahun ini, dicanangkan akan ada pengadaan satu alat berat baru untuk beroperasi di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sukawinataan, Sukabngun II Palembang.
MC Diskominfo Prov.Sumsel/CleY



Leave a Reply