Di Sosmed MUSI Bayangi Harno – Fitri, Persaingan Makin Ketat

PALEMBANG – Kontestasi Pilkada Kota Palembang semakin seru terutama terkait dengan pemberitaan sosial media. Para calon penantang harus bisa mengimbangi gerakan petahana jika ingin bersaing memenangkan pertarungan.
Mencermati monitoring sosmed sangatlah wajar ketika sosok incumbent atau petahana jauh lebih banyak dibicarakan karena itulah added value calon petahana.
“Artinya untuk dapat bersaing atau mengalahkan petahana, sang penantang harus mampu membayangi petahana. Uniknya di Sosmed pasangan Mularis Djahri – Syaidina Ali (MUSI) yang membayangi Harno – Fitri (petahana) dalam hal Share Of Voice (Banyaknya pembicaraan),” ungkap pengamat politik Ade Indra Chaniago.
Menurutnya ini bisa jadi modal tahapan kandidat yakni dikenal disukai karena tahapan berikutnya adalah dipilih. Tampaknya persaingan sentimen analytic masing – masing kandidat sudah mulai terasa termasuk sentimen negatif di sosmed.
“Kembali mengutip Index Media dari Index Politika, persaingan sentimen negatif dalam pembicaraan sosial media antara pasangan Harno – Fitri dan Sarimuda – Roza membuat sentimen positif pasangan Mularis Djahri – Syaidina Ali melampaui keduanya, kemudian disusul Sarimuda – Rozak, Harno – Fitri dan Akbar – Hernoe,”katanya mencermati hasil monitoring.
Menurutnya jika hal ini membuat persaingan akan semakin ketat dan berimbang,  apalagi jika pasangan independen juga ikut mengejar kedepannya.
Dalam konteks ini resiko incumbent  (petahana) akan mendapatkan serangan dari lawan politiknya terutama seteru lama dan hal tersebut sebagi hal yang sangat wajar.
“Jika cerdas hal ini bisa dimanfaatkan calon alternatif seperti Pasangan Mularis – Syaidina Ali ataupun Akbar – Hernoe,” ujar Dosen Politik Stisipol Chandradimuka ini.

Pengamat Politik Stisipol Candradimuka (Foto : Istimewa)

Berdasarkan monitoring Sosial Media oleh Index Politika, yang telah perpengalaman di Pilpres 2013, Pilgub Sumsel 2013, Pilgub Sumut dan berbagai daerah lainnya-, share of voice (Pembicaraan) Pasangan Harno – Fitri 48,92 persen, disusul pasangan MUSI 25,18 persen,  Sarimuda – Rozak 21,58 persen dan Akbar – Hernoe 4,32 persen.
Sementara dari sentimen analytic,  sentimen positif Mularis – Syaidina (MUSI) paling baik disusul Sarimuda – Rozak (SADAR),  Harno – Fitri (HATI) dan Akbar – Hernoe 7(AKHOR). (Jul/Foto : IndexPolitika)
Editor : Fatur
 



Leave a Reply