Alex Nordin, Moment Asian Games 2018 Pacu Pembangunan Infrastruktur

Palembang,  — Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan, penyelenggaraan Asian Games Agustus-September 2018 memacu pembangunan daerah karena berkat adanya kegiatan olahraga internasional tersebut dinamika pembangunan dapat berkembang pesat.

Dengan akan adanya pesta olahraga akbar itu Sumsel kini mulai memiliki kereta api ringan, jalan tol, jembatan Musi IV, kata gubernur saat musyawarah pembangunan di Palembang, Kamis.
Lebih lanjut dia mengatakan, bukan itu saja tetapi dengan adanya pesta olahraga yang akan diikuti 45 negara tersebut, di Sumsel dibangun jembatan layang dan infrastruktur lainnya.
“Yang membanggakan lagi, pembangunan di wilayah kita tersebut dibiayai menggunakan dana APBN,” ujar dia.
Oleh karena itu banyak manfaat pesta olahraga yang akan diikuti ribuan peserta tersebut selain infrastruktur juga perekonomian masyarakat berkembang, kata gubernur.
Dia mengatakan, dipercayanya Sumsel menjadi tuan rumah Asian Games mendatang karena daerah ini cukup kondusif.
Selain itu Sumsel telah berpengalaman menjadi tuan rumah pesta olahraga bertaraf internasional sehingga hal tersebut menjadi dasar dipercayanya menjadi tuan rumah penyelenggara, kata dia.
Selain itu, menurut dia, dampak lainnya dipercayanya Sumsel menjadi tuan rumah Asian Games akan menarik investor untuk menanamkan modalnya.
Sementara Kepala Bappeda Sumsel Ekowati Retnaningsih mengatakan, Musrenbang dalam rangka pembahasan rancangan RKPD Sumsel 2019 yaitu penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah.
Sementara sasaran dan prioritas pembangunan nasional serta klarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan provinsi Sumatera Selatan dan kegiatan Kabupaten/Kota yang diusulkan berdasarkan hasil Musrenbang.
Memang proses perencanaan Sumatera Selatan dilakukan antara lain melalui pendekatan partisipatif, tambah dia.(T.U005/T007/Antara Sumsel)
MC Diskominfo Prov. Sumsel/CleY



Leave a Reply