Kadis Kominfo Apresiasi Pameran Foto PFI untuk AG 2018

Palembang Sumselprov.– Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dalam hal ini diwakili oleh Plt Kadis Kominfo Sumsel, Dr. Inanda Karina mengapresiasi kegiatan pameran foto kilas balik V 2018 yang diinisiasi oleh para jurnalis foto yang tergabung dalam forum Pewarta Foto Indonesia (PFI) Palembang di Atrium Opi Mall Jakabaring, Jumat, (20/4).
Kegiatan yang  bertemakan Energy of Indonesia for Asian Games 2018  dilaksanakan untuk mendukung pelaksanaan Asian Games (AG) 2018, yaitu sebagai wujud pameran foto yang menampilkan keunggulan seni fotografi jurnalis yang bersifat menghibur, tetapi juga menghadirkan rekaman sekaligus pesan-pesan pembangunan melalui parade foto, baik terhadap pembangunan yang sudah dilakukan, yang sedang berjalan, ataupun yang akan dilakukan oleh pemerintah di Sumatera Selatan.
Dr. Inanda menyatakan bahwa karya-karya yang dilahirkan oleh Pewarta Foto Indonesia (PFI) Palembang sangat berharga bagi Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.
“Pameran foto Kilas Balik bermakna bagi kita untuk kembali menyaksikan detak dan geliat pembangunan, khususnya di Sumatera Selatan”, ujarnya
Selanjutnya, beliau mengungkapkan bahwa karya ini dapat menjadi  bahan evaluasi untuk memastikan agar berbagai program pembangunan yang telah dan akan dilakukan pemerintah senantiasa berdampak positif bagi masyarakat Sumsel, sehingga masyarakat dianjurkan untuk mengunjungi stand pameran tersebut.
”Kegiatan ini, merupakan perpanjangan tangan Pemprov Sumsel dalam mensosialisasikan pembangunan di Kota Palembang, terutama jelang Asian Games 2018 yang akan digelar di Jakarta dan Palembang, dan juga sebagai momentum untuk menyampaikan pesan dan kritik yang membangun untuk kemajuan Sumsel”, pungkasnya.
Ketua PFI Kota Palembang Abriansyah Liberto menambahkan, PFI sendiri didirikan untuk mewadahi pewarta foto yang ada di Indonesia. Selain mengadakan pameran foto jurnalistik, pihaknya juga datang ke sekolah-sekolah untuk mengadakan pelatihan foto jurnalistik.
“Foto yang ditampilkan ini merupakan semangat pembangunan, terutama sarana olahraga di Kota Palembang menjelang Asian Games tahun ini yang akan digelar pada Agustus mendatang,” kata pria yang akrab disapa Berto ini.
Menurut Berto, pameran foto di tahun kelima tersebut mengangkat tema peristiwa sejarah di kota yang terkenal dengan icon Jembatan Ampera yang tidak akan terulang lagi.
“Tahun ini, ada sebanyak 270 foto, ada kategori foto single dan foto story. Foto-foto yang kami tampilkan merupakan hasil ajang kontes foto dari fotografer anggota PFI Kota Palembang, baik di level regional maupun nasional,” ungkap dia.
Sebagai salah satu sponsor kegiatan ini, PT Pertamina MOR III yang diwakilkan oleh Siti Rachmi Indah Sari, mengatakan bahwa peran serta PT Pertamina untuk kegiatan ini adalah salah satu bentuk  kontribusi Pertamina dalam memajukan Indonesia sebagai salah satu elemen bangsa Indonesia.
“Pertamina siap melakukan yang terbaik untuk Indonesia, mari memajukan Indonesia bersama-sama”, ungkapnya.
Lanjutnya, beliau berharap agar pameran ini dapat mengasah kemampuan para fotografer dalam berkarya.
Setelah kata sambutan berakhir, acara diresmikan dengan pemotongan pita oleh Dr. Inanda.
Tim MC Diskominfo Prov. Sumsel/PE/FS



Leave a Reply