Menhub : Light Rail Transit (LRT) Menjadi Life Style Bagi Wong Kito

Palembang, Sumselprov. –  Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan Kementerian Perhubungan resmi menerima dua Trainset Light Rail Transit (LRT) di Pelabuhan Boom Baru Palembang, Jumat (20/04/2018).
Penerimaan dua trainset LRT tersebut dihadiri oleh Gubernur Sumsel Alex Noerdin, Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, Ketua INASGOC, Erick Thohir dan Mantan Pimpinan Komisi VI DPR RI Dodi Reza Alex Noerdin dan Hafisz Tohir.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menginginkan Light Rail Transit (LRT) dapat menjadi life style di perkotaan Palembang. Dimana menurutnya, LRT ini banyak manfaatnya tidak hanya untuk pertumbuhan ekonomi tetapi juga untuk mengatasi kemacetan bagi masyarakat.
“LRT ini bisa bermanfaat bagi masyarakat, LRT ini juga bisa menyelesaikan masalah kemacetan terutama kalau mau ke airport. Kita akan terapkan tarif yang sesuai dengan masyarakat, “tuturnya
Dia juga mengingatkan kepada PT Waskita Karya meski target dipercepat  untuk bisa berkerja secara baik, profesional, menjaga keselamatan dan keamanan serta memeperhatikan hal-hal lainnya.
“Saya yakin anda bisa melaksanakan sebagaimana diusulkan oleh Gubernur Sumsel. Atas nama Kementerian Perhubungan sangat mengapresiasi dan berterimakasih untuk semua pihak, semoga kita bisa melayani masyarakat Sumsel dengan baik. Semoga Palembang menjadi satu contoh bagi kota-kota lain yang ada di Indonesia,” pungkasnya dalam kata sambutan
Sementara Gubernur Sumsel Alex Noerdin menambahkan, membangun LRT ini banyak perjuangan, berkat kerja keras dan bersungguh-sungguh akhirnya moda transportasi modern pertama di Indonesia ini hadir di Provinsi Sumsel.
“Ini impian seluruh masyarakat provinsi Sumsel, Alhamdullilah kita yang pertama mewujudkannya,” singkat Alex dalam kata sambutannya
Gubernur Sumsel Alex Noerdin  juga meminta penyelesaian  LRT dipercepat. Ia meminta secara khusus sebulan sebelum pelaksanaan Asian Games 2018 kereta ringan tersebut sudah selesai dikerjakan.
“Saya minta sebulan sebelum Asian Games LRT sudah selesai, dan sudah bisa kita gunakan. Jangan terlalu mepet selesainya kami tak sabar lagi mau naik LRT,” katanya.
Untuk diketahui sebelumnya, trainset Light Rail Transit (LRT), sudah tiba pada hari Rabu (11/04) pagi. Kedatangan 2 trainset (6 gerbong) ini lebih cepat dari perkiraan awal pada tanggal 13 Apri. Tanggal 6 April 2018 trainset LRT Sumsel sudah berada di stasiun Madiun dan Sabtu 7 April 2018 sampai di stasiun Tanjung Priok Jakarta, kemudian diteruskan menuju Pelabuhan Boom Baru.
Setelah itu, Menhub dan Gubernur Sumsel melakukan peninjauan di dalam kereta. Mereka nampak puas dengan fasilitas di dalamnya.
Total train set untuk  LRT Palembang mencapai delapan rangkaian kereta dengan total gerbong sebanyak 24 unit.
Kemudian, masing-masing train set terdiri atas tiga kereta (gerbong) dengan kapasitas penumpang sekitar 200 s.d. 300 orang per kereta yang dilengkapi dengan air conditioner (AC) dan CCTV serta Wi-Fi gratis.
LRT tersebut menggunakan mesin berasal dari Jerman yang rangkaiannya disupervisi langsung oleh tim perusahaan Bombardier.
Berdasarkan informasi yang didapat dari INKA, ini merupakan produk termodern yang pernah mereka produksi.
MC Diskominfo Prov.Sumsel/CleY



Leave a Reply