Bimbingan Teknis (Bimtek) dan sosialisasi layanan Aplikasi dan Informatika (Aptika) terintegrasi pertama kali di Indonesia

Palembang Sumselprov– Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Selatan mendampingi Direktorat E-Bussiness Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dalam menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan sosialisasi layanan Aplikasi dan Informatika (Aptika) terintegrasi pertama kali di Indonesia.
Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, 23-24 April 2018 di Graha Bina Praja.
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Selatan, Dr. Inanda Karina Astari Fatma mengungkapkan bahwa kegiatan ini adalah wujud komunikasi yang baik antara Kominfo Sumsel dengan Kemenkominfo terkait pengoptimalan pelayanan publik di bidang pemerintahan maupun swasta berbasis online.
“Kita berharap, kegiatan ini dapat mendukung pembangunan Sumsel menuju Smart Province yang seimbang dengan kemajuan infrastruktur yang pesat”, ujarnya.
Lanjutnya, beliau menyatakan bahwa Bimtek ini dapat mengoptimalkan konsep pembangunan melalui pengintegrasian seluruh pelayanan publik dari seluruh daerah di Sumsel di satu sistem pelayanan online.
Menurutnya, sehubungan dengan peningkatan kualitas sumber daya, Kominfo Sumsel telah mempersiapkan command center yang akan menjadi pusat informasi dan pengaplikasian layanan aplikasi online yang disosialisasikan dalam bimtek ini.
“Untuk melaksanakan Program layanan Kominfo.go.id yang telah disediakan oleh Kemenkominfo, maka perlu sosialisasi yang baik kepada seluruh OPD yang ada di Sumsel”, ungkapnya.
Menambahkan, Direktorat E-Bussiness Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Azhar Hasyim, menyampaikan bahwa dalam kegiatan ini akan diinformasikan beberapa perkembangan yang telah dilakukan oleh pihak Kemenkominfo dalam pelayanan publik antar pemerintah, masyarakat, maupun swasta.
“Target jangka pendek kegiatan ini adalah penggunaan aplikasi dapat dilakukan dengan baik, salah satunya pelaksanaan distribusi surat dapat dilakukan secara elektronik melalui website instansi”, ungkapnya.
Beliau berpendapat bahwa 14 jenis layanan yang telah dikembangkan oleh Kemenkominfo perlu untuk dikembangkan di daerah-daerah di Indonesia, termasuk  di Sumatera Selatan. Program layanan Kominfo.go.id, diantaranya terdiri dari siMaya, siCantik, dan siMantra.
Melalui kegiatan ini akan memudahkan semua pihak dalam menggunakan pelayanan online.
“Semua instansi yang akan melakukan pelaporan dalam pelayanan online, dapat mendaftar melalui sistem online di layanan Diskominfo atau Kemenkominfo”, pungkasnya.
Turut hadir Sekda Prov. Sumsel, H. Nasrun Umar, SH., untuk membuka pelaksanaan kegiatan ini.
MC Diskominfo Prov. Sumsel/PE



Leave a Reply