Munas Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Ke – IX

Palembang, Sumselprov. – Kapolda Sumatera Selatan Irjen. Pol. Drs. Zulkarnain Adinegara secara resmi membuka Musyawarah Nasional (Munas) Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia (IMIKI) Ke – IX  Tahun 2018 di Hotel Horison Ultima Palembang, Senin (23/04/2018).

Sambutan Gubernur Sumatera Selatan yang dalam hal ini disampaikan oleh Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Prov.Sumsel Dr. Inanda Karina Astira Fatma S.Si., M.Si menyampaikan penyelenggaraan Munas Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia 2018, sangat penting untuk dilaksanakan dalam rangka meningkatan peran serta mahasiswa dalam kajian teoritas dan praktis ilmu komunikasi nasional, maka organisasi ini dimaksud sebagai sarana pertukaran informasi, pengembangan daya nalar dan ajang kreasi mahasiswa dalam mencermati dan menyikapi fenomena actual yang terjadi dalam masyarkat untuk itu mahasiswa salah satu wahana strategi dalam rangka menyebarluaskan informasi kepada masyarakat serta mampu menyukseskan agenda pembangunan dan pelaksanaan program kerja pemerintah baik pusat maupun daerah.

“Dengan terselenggaranya kegiatan ini diharapakan dapat mendudkung salah satu agenda besar bangsa Indonesia yang pelaksanaan ditahun ini juga yaitu event akbar internasional Asian Games 2018 yang merupakan event Olah Raga Internasional terbesar Negara-negara Asia yang dilaksanakan di 2 (dua) kota besar di Indonesia, Jakarta dan Palembang diharapkan mahasiswa mampu turut serta menyebarkan infor masi tersebut kepada masyarakat akan pelaksanaan Asian Games 2018 yang akan dilaksanakan dari tanggal 18 Agustus s.d 2 Septerber 2018”, ujar Inanda .

Selanjutnya Inanda menyampaikan Asian Games merupakan cara Sumatera Selatan untuk membangun daerah. Dengan adanya event ini maka pembangunan di Sumatera Selatan makin menggeliat terbukti dengan dibangunnya LRT, Jalan Tol Palindra, Jalan Tol Palembang Kayu Agung, Pelabuhan Tanjung Api-api, Perluasan Bandara SMB II, Pembangunan Underpass Simpang Patal, Fly Over Simpang Keramasan, Pembangunan Jembatan Musi IV dan VI serta pembangunan Hotel-hotel baru.

“Kesemua itu akan menimbulkan Multie Effect bagi masyarakat umumnya, seperti kemudahan akses transportasi, membuka lapangan kerja, meningkatkan jumlah wisatawan, mengundang investor baru hingga meningkatkan jumlaha UKM baru yang kesemuannya berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat”, kata Plt. Kadis Kominfo Prov.Sumsel.

“Harapan saya semoga Munas ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, selain sebagai Forum bertukar pikiran dan menyerap apresiasi diantar anggota, juga hendaknya melahirkan komitmen untuk menguatkan kemampuan, keterampilan dan profesionalisme, yang selanjutnya sudah pasti akan membias pula upaya percepatan pengembangan dan peningkatan mutu komunikasi sehingga dapat mempublikasikan potensi bangsa kita yang begitu besar”, pungkas Inanda mengakhiri sambutannya.

Sementara Kapolda Sumatera Selatan Irjen. Pol. Drs. Zulkarnain Adinegara memberikan apresiasi yang sebesarnya atas terselenggaranya Munas IMIKI IX Tahun 2018.

“Plt. Kadis Kominfo Sumatera Selatan menyampaikan mohon dukungan kepada Polda untuk melakukan sosialisasi Anti Hoax tetapi sesungguhnya justru Polda yang memerlukan dukungan dari Dinas Kominfo dan juga Kementerian Kominfo RI karena Polda sudah melakukan dan sangat berkepentingan untuk membangun negeri ini dengan bersih”, kata Zulkarnain mengawali arahannya.

“Sebagai mahasiswa ilmu komunikasi tentunya tahu dampak dari akibat Hoax, Alhamdulillah sekarang pemerintah mempunyai Undang-Undang IT paling tidak itu  sebagai alat untuk membuat siapa-siapa yang membuat ujaran kebencian atau Hoax bisa diingatkan bahwa itu merupakan tindakan krimnal”, lanjut Kapolda Sumsel.

Sejalan dengan peradapan kehidupan  manusia tentunya pemuda-pemudi sebagai unsur yang ada di masyarakat mempunyai peran penting terutama dalam pembangunan karakter berbangsa dan negara, Sumpah Pemuda yang lahir merupakan kesepakatan yang dijadikan kekeuatan dan pedoman bagi pemuda Indonesia dalam mengawal dan menyatakan akan hidup berbangsa dan bernegara yang juga berselaras dengan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945, kekuatan Sumpah Pemuda tersebut telah memberikan kontribusi  yang positive terhadap keberlangsungan  pembangunan daerah secara khusus dan pembangunan bangsa secara umum.

“Dengan kemajuan zaman dan era digitalsasai seperti saat ini mari manfaatkan perkembangan saat ini dan kalian memegang peranan penting sebagai mahasiswa komunikasi. Dengan Ilmu Komunikasi yang dimiliki diharapakan bisa memanage manajemen komunikasi sosial media dengan bijak dan cerdas, tutup Kapolda Sumsel.

MC Diskominfo Prov.Sumsel/CleY/FS



Leave a Reply