Tingkatan Pelayanan Publik, Diskominfo Sumsel Adakan Bimtek LAPOR!-SP4N

Palembang Sumselprov- Pemerintah Prov. Sumsel melalui Dinas Kominfo Sumsel melaksanakan Bimtek LAPOR!-SP4N  di Ruang Rapat Graha Bina Praja, selama dua hari, Rabu-Kamis, 25-26 April 2018, terkait dengan Keputusan Gubernur Sumatera Selatan Nomor : 754/KPTS/Diskominfo/2017 tentang tim koordinasi pengelolaan pengaduaan online dan petugas administrator pada organisasi perangkat daerah Provinsi Sumatera Selatan.
Plt Kadis Kominfo Sumsel, Dr. Inanda Karina Astari Fatma, selaku pelaksana acara menyampaikan laporannya bahwa aplikasi ini terontegrasi mengenai layanan publik, sehingga MENPANRB dan Diskominfo Sumsel bekerja sama untuk melaksanakan bimbingan teknis kepada OPD se-Sumsel, Kabupaten/kota.
“Dengan fasilitas yang minimal, Diskominfo Sumsel proaktif untuk menjalin kerja sama dengan pusat  dalam rangka meningkatkan capacity building untuk operator-operator aplikasi yang ada di daerah”, ungkapnya.
Gubernur Sumatera Selatan yang diwakilkan oleh Asisten Administrasi dan Umum Prov. Sumsel, Prof. Edwar Juliartha, membuka langsung acara Bimtek ini sekaligus memberikan apresiasi sehingga acara ini dapat terlaksana dengan baik.
Dalam sambutannya, Edwar menyampaikan bahwa Pemerintah Prov. Sumsel mengikuti digilitasisasi yang terus berkembang secara global dalam bentuk pelayanan publik.
“Melalui keputusan Gubernur Sumsel, kami berkomitmen untuk  menjadi daerah terbaik dalam peningkatan pelayanan publik”, ujarnya.
Menurutnya, Pemerintah Prov. Sumsel memiliki 34 inovasi layanan publik yang terintegrasi dalam layanan publik, namun peningkatan pelayanan publik harus terus dilakukan salah satunya melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) LAPOR!-SP4N.
“LAPOR!-SP4N adalah sarana untuk menampung aspirasi masyarakat sehingga perlu untuk disiapkan suatu sistem yang mendukung pelaksanaanya”,ungkapnya.
Beliau menyatakan bahwa salah satu tugas pelayanan publik adalah memberikan informasi ke masyarakat.  Pemerintah Prov. Sumsel telah menyediakan pusat media informasi untuk menunjang pelaksanaan sistem layanan publik yang ada, terutama dalam bentuk sosialisasi untuk penyampaian informasi pelaksanaan Asian Games 2018.
“Untuk mewujudkan tugas ini, maka dibutuhkan infrastruktur yang mendukung dalam bentuk web dan jaringan yang dikoordinasi oleh Diskominfo Sumsel”, pungkasnya.
Turut hadir sebagai narasumber, Asisten Deputi perumusan kebijakan inovasi dan sistem informatika pada Deputi Pelayanan Publik Kementerian pendayaagunaan aparatur Negara dan reformasi birokrasi (MENPANRB), Muhammad Imanuddin S.H., M.Si, dan didukung oleh GIZ.
MC Diskominfo Sumsel/PE/Cley/FS



Leave a Reply