Kendalikan Narkoba dari Dalam Lapas, Napi Diamankan

Muarabeliti, BP–Meski berstatus narapidana yang mendekam di Lapas Narkotika Kelas IIA Lubuklinggau, di Muarabeliti, Kabupaten Musirawas (Mura), namun David Haryono alias Ono diduga menjadi pengendali peredaran narkoba.
Perbuatan tersangka terungkap setelah tim gabungan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumsel dan BNNK Mura mengamankan pelaku, Jumat (11/5) malam.
Berdasarkan informasi yang dihimpun, penangkapan merupakan pengembangan atas tertangkapnya empat kurir narkoba asal Aceh, dua di antaranya ditembak mati tim BNNP Sumsel, di kawasan Pelabuhan Boombaru Palembang, pada 9 Mei lalu.

Baca:  Jadi Bandar Narkoba, Briptu Ahmad Fauzi Dipecat

Dari pemeriksaan kedua pelaku, aparat kembali menangkap OJ dan FI, penerima narkoba yang merupakan orang suruhan dari tersangka David Haryono di Hotel Alam Sutra Palembang.
Atas penangkapan keduanya petugas kembali bergerak mendatangi Lapas Narkotika Kelas IIA di Muarabeliti dan mengamankan tersangka David Haryono. Lalu dari penggeledahan di ruang tahanan tersangka petugas sejumlah barang bukti narkotika dan peralatan lainnya.
Kepala BNNK Mura Hendra Amoer mengatakan, tersangka David Haryono diduga mengendalikan peredaran narkoba di Kabupaten Mura, Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Muratara.
“Tersangka sudah jadi target operasi utama BNNK Mura dan memang tercatat sebagai narapidana di Lapas Narkotika Klas IIA Muarabeliti,” ujar Hendra Amoer, Minggu (13/5).
Dirinya menjelaskan, beberapa hari sebelum penangkapan tersangka juga diduga memesan narkotika jenis shabu seberat enam kilogram dan telah diedarkan.
Sedangkan saat penangkapan, tersangka baru memesan tiga kilogram shabu dan 5.000 butir ekstasi yang diamankan petugas. “Untuk itu kita akan terus lakukan pengembangan atas kasus ini,” tandasnya. #wan



Leave a Reply