2019, Pemkot Blitar Bayar Premi BPJS Kesehatan Warganya

Foto: Rifkianto Nugroho

Blitar – Kabar gembira bagi warga Kota Blitar yang belum ikut BPJS Kesehatan. Mulai tahun 2019, Pemkot Blitar akan mendaftarkan sekaligus membayarkan preminya setiap bulan. 

Pemkot telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp 19,8 miliar untuk membayar premi BPJS Kesehatan semua warganya.

Ketua Komisi I DPRD Kota Blitar, Henry Pradipta Anwar mengatakan anggota legislatif telah menyetujui anggaran untuk program itu. Bahkan alokasi anggaran untuk membayar premi BPJS Kesehatan warga itu telah dibahas di dewan sejak pertengahan tahun ini. 

“Program itu untuk menjamin kesehatan semua warga Kota Blitar,” kata Henry saat dikonfirmasi, Rabu (2/1/2019).

Kebijakan ini mengacu pada Inpres No 8 tahun 2017 bahwa setiap kepala daerah diminta mengupayakan masyarakatnya ber-BPJS kesehatan, minimal 95 persen dari jumlah warganya. 

“Mulai akhir tahun 2018 Pemkot Blitar beserta instansi terkait melakukan survei, verifikasi dan pendataan bagi warga kota yang belum terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan. Data sampai hari ini, sekitar 35 persen warga yang belum mendaftar,” kata Kabid Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Blitar Sunarko terpisah. 

Sedangkan 65 persen warga Kota Blitar, lanjut Sunarko, telah tercatat sebagai peserta BPJS kesehatan dalam berbagai kelas. Bagi warga kurang mampu namun telah mendaftar, pemkot akan meng-cover preminya tiap bulan. 

“Sedangkan bagi warga yang mampu, diharapkan tetap ikut secara mandiri,” imbuhnya. 

Data Dinkes Pemkab Blitar mencatat, sebanyak 53.078 warga Kota Blitar belum ikut BPJS kesehatan. Untuk menutup pembayaran premi mereka tiap bulan, pemkot telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 19,8 miliar. Angka ini naik sekitar Rp 16 miliar jika dibandingkan anggaran kesehatan tahun 2018 ini. 

“Tahun ini, Pemkot Blitar hanya mengalokasikan anggaran sebesar Rp 3,7 miliar untuk membayar premi BPJS Kesehatan sebanyak 13.466 warga. Sedangkan tahun depan, Pemkot menyiapkan anggaran Rp 19,8 miliar untuk membayar premi BPJS Kesehatan untuk sekitar 72.000 warga,” jelasnya. 

Sunarko menambahkan, secara bertahap Pemkot Blitar akan menanggung premi BPJS Kesehatan semua warganya, namun tetap menyesuaikan jumlah anggaran kesehatan yang ada. 
(lll/lll)



Leave a Reply