Ini Rekayasa Lalin Yogya Selama Resepsi Dhaup Ageng Pakualaman

Ini Rekayasa Lalin Yogya Selama Resepsi Dhaup Ageng Pakualaman (Foto: Pradito R Pertana)

Yogyakarta – Berlangsungnya dhaup ageng atau pernikahan agung di Puro Pakualaman membuat beberapa ruas jalan menuju Puro Pakualaman disterilkan dari pengguna jalan umum. Bahkan beberapa jalur ditutup sementara untuk memperlancar akses tamu undangan.

Pantauan detikcom, Jalan Sultan Agung yang menjadi jalan utama menuju ke Puro Pakualaman terpantau lengang, tampak hanya beberapa mobil tamu undangan dan kendaraan khusus penjemput tamu undangan yang berlalu lalang di Jalan tersebut.

Selain itu, tampak pula anggota polisi, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan Paksikaton berjaga di sepanjang Jalan Sultan Agung.

Kanit Turjawali Satlantas Polresta Yogyakarta, AKP Tugiman, mengatakan, bahwa pengalihan arus lalu lintas dilakukan sejak akad nikah berlangsung. Menurutnya, pengalihan tersebut dilakukan secara berlapis untuk memfilter kendaraan yang akan masuk ke kawasan Puro Pakualaman.

“Pengalihan arus lalin ini sejak jam 8 pagi dan rencananya sampai jam 1 siang. Tidak hanya hari ini, besok (Minggu 6/1/2019) juga dilakukan pengalihan arus karena acaranya (Dhaup Ageng) kan 2 hari,” katanya di sela-sela mengatur arus lalu lintas di simpang tiga eks Bioskop Permata, Kauman, Kecamatan Pakualaman, Yogyakarta, Sabtu (5/1/2019).

Ini Rekayasa Lalin Yogya Selama Resepsi Dhaup Ageng Pakualaman (Foto: Pradito R Pertan)

Dijelaskan Tugiman, dalam pengalihan arus lalu lintas menuju Puro Pakualaman tersebut membuat beberapa ruas jalan ditutup sementara. Penutupan jalan tersebut dilakukan baik dari arah barat maupun timur Jalan Sultan Agung.

“Dari simpang tiga Gondomanan mulai ditutup (Jalannya), kalau pengendara yang mau lewat karena rumahnya sini (Pakualaman) bisa tapi dilewatkan Jalan Bintaran, itu yang dari arah barat,” ucapnya.

“Kalau dari timur mulai ditutup dari simpang tiga Jalan Cendana, bisa lewat (Pengendara) tapi semua kita alihkan ke jalan Taman Siswa. Karena dari depan Pasar Sentul jalannya ditutup,” imbuhnya.

Ditambahkan Tugiman, untuk tamu VIP dapat memarkirkan kendaraannya di Jalan Sultan Agung dan untuk menuju Puro Pakualaman dapat diantar menggunakan kendaraan khusus oleh panitia acara.

Ini Rekayasa Lalin Yogya Selama Resepsi Dhaup Ageng Pakualaman (Foto: Pradito R Pertana)

Diketahui Puro Pakualaman melangsungkan dhaup ageng calon putra mahkota, BPH Kusumo Bimantoro dengan dr Maya. Sejumlah tokoh hadir saat resepsi, termasuk Presiden RI Joko Widodo. 
(mbr/mbr)




Leave a Reply