Kampanye di Samarinda, Sandiaga Janji Setop Impor Bahan Pokok


Sandiaga Uno di Samarinda. (dok. BPN Prabowo-Sandiaga)


Jakarta – Setelah dari Tarakan, Sandiaga Uno hari ini berkampanye di Samarinda, Kalimatan Timur. Ia kembali blusukan ke pasar dan mendengarkan curhat para pedagang.

Dalam kampanyenya di Samarinda pagi ini, Sabtu (5/1/2019), Sandiaga mendatangi Pasar Segiri di Samarinda Ulu. Beberapa pedagang menceritakan harga pangan yang naik-turun sehingga keuntungannya tak menentu.

“Kalau bisa Pak, harga-harga jangan naik-turun. Sekarang naik sepuluh ribu Pak. Padahal kemarin Rp 21 ribu, sekarang sudah Rp 31 ribu,” curhat Aci, seperti tertulis dalam keterangan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga.

“Harga-harga tinggi Pak. Hidup kami cari untung sulit,” timpal pedagang lainnya, Dahlia, yang menemani suaminya berdagang sambil membawa anaknya yang masih balita.

Sandiaga pun mengatakan menyerap aspirasi para pedagang pasar. Ia menyatakan menggerakkan ekonomi kerakyatan menjadi fokus program kerjanya bersama capres Prabowo Subianto.

“Harga-harga stabil dan terjangkau, penciptaan dan penyediaan lapangan kerja, dan menggerakkan ekonomi rakyat menjadi fokus kami. Keluhan yang sama kami terima tiap hari dalam bersosialisasi di seluruh Indonesia. Kemarin di Tarakan, Bu Syarifah atau Mak Ijah malah bilang harga ayam Rp 65 ribu,” tutur Sandiaga.

Cawapres nomor urut 02 itu berjanji memperbaiki nasib para pengusaha kecil dan menengah, petani, nelayan, pedagang pasar, serta seluruh masyarakat Indonesia. Menurut Sandi, masalah tidak stabilnya harga pangan di pasar akibat distribusi dengan rantai yang terlalu panjang sehingga membebani biaya jual. 

“Kami akan ciptakan rantai distribusi yang sederhana, terbuka, dan berkeadilan. Sehingga harga terjangkau dan pedagang seperti Aci dan Dahlia bisa tenang berjualan tanpa khawatir harga yang naik-turun,” janji Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) itu.

“Kami akan setop impor bahan pokok, khususnya ketika petani panen dan memberikan kesempatan kerja kepada anak negeri ketimbang tenaga kerja asing,” sambung Sandiaga.

Ratusan orang menyambut kedatangan Sandiaga di Pasar Segiri. Banyak juga yang meneriakkan namanya dan meminta berfoto bersama dengan eks Wagub DKI itu.(elz/fdn)





Leave a Reply