CVR Lion Air Ditemukan Utuh, Bagaimana Kondisinya?


Foto: CVR Lion Air PK LQP (Dok PUSHIDROSAL)


Jakarta – CVR Lion Air PK-LQP ditemukan utuh di dasar perairan Karawang, Jawa Barat. Tapi belum bisa dipastikan kondisi CVR. 

“Saya belum tahu, mudah-mudahan masih baik,” kata komisioner Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Nurcahyo Utomo saat dimintai konfirmasi, Senin (14/1/2019). 

Sementara itu, Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono mengatakan, CVR Lion Air akan dibawa ke kantor KNKT untuk dianalisis. Saat ini CVR Lion Air masih berada di perairan Tanjung Karawang. 

“Nanti dari daratan langsung dibawa ke KNKT,” katanya.

Soerjanto juga belum mengetahui kondisi CVR Lion Air yang ditemukan tim penyelam dari TNI AL pagi tadi. 

“Saya belum tahu, mudah-mudahan masih baik,” ujarnya. 

CVR Lion Air diangkat dari kedalaman laut lebih dari 30 meter oleh tim penyelam. Mulanya KRI Spica-934 menemukan CVR pada posisi koordinat 05 48 46,503 S – 107 07 36,728 T di perairan Tanjung Karawang.

Setelah posisi CVR Lion Air PK-LQP diketahui, 18 orang tim penyelam dari Dislambair Koarmada dan 3 personel Kopaska melakukan penyelaman.

“Dan pada pukul 08.40 WIB penyelam atas nama Serda Satria Margono berhasil menemukan CVR,” ujar Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Kapushidrosal) Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro.(fdn/fdn)



Leave a Reply