Naik KRI Todak, Pangkoarmada Cek CVR Lion Air di Perairan Karawang


Pangkoarmada I TNI Yudo Margono/Foto: Lisye Sri Rahayu


Jakarta – Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono mengecek penemuan Cockpit Voice Recorder (CVR) Lion AirPK-LQP di perairan Karawang. Pangkolinlamil berangkat dengan KRI Todak dari Dermaga JICT.

KRI Todak bertolak menuju perairan Karawang pada sekitar pukul 12.10 WIB, Senin (14/1/2019). Ikut dalam rombongan Kadispen Koarmada I Letkol Laut (P) Agung Nugroho. Rencananya keterangan pers akan disampaikan setibanya Pangkoarmadai I di KRI tempat diamankannya CVR Lion Air

CVR Lion Air ditemukan dalam pencarian tim Satgas KNKT bersama TNI AL. CVR Lion Air berhasil diangkat dari kedalaman laut lebih dari 30 meter oleh penyelam Serda Satria Margono. 

“KRI Spica-934 menemukan CVR pada posisi koordinat 05 48 46,503 S – 107 07 36,728 T di perairan Tanjung Karawang,” ujar Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Kapushidrosal) Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro, dalam keterangan tertulis, Senin (14/1/2019). 

Setelah posisi CVR Lion Air diketahui, 18 orang tim penyelam dari Dislambair Koarmada dan 3 personel Kopaska melakukan penyelaman.

“Dan pada pukul 08.40 WIB penyelam atas nama Serda Satria Margono berhasil menemukan CVR,” sambung Harjo.

Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 610 jatuh di perairan Karawang pada Senin, 29 Oktober. Total ada 189 orang penumpang dan kru pesawat tujuan Pangkalpinang tersebut.(fdn/fdn)



Leave a Reply