Dilantik untuk Periode Kedua, Bupati Iti akan Kembangkan Sawarna

Serang – Iti Oktavia Jayabaya dilantik sebagai bupati Lebak 2019-2024. 2 Tahun pertama, Iti yang berpasangan dengan Ade Sumardi janji akan memberikan prioritas pada pengembangan pariwisata. 

“2 tahun ini fokus ke pengembangan pariwisata. Jadi pariwisata unggulan tingkat nasional berbasis potensi lokal,” kata Iti usai pelantikan di Kawasan Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Serang, Selasa (15/1/2019). 

Pengembangan pariwisata katanya didahuli dengan perbaikan infrastruktur ke lokasi strategis. Seperti jalan kabupaten Cimarga-Leuwidamar ke jalur wisata Baduy. 

Tapi, selain Baduy potensi pariwisata yang perlu dikembangkan menurutnya ada pantai Sawarna, ribuan curug dan kampung tradisional atau kasepuhan. 

“Visi lebak jadi destinasi nasional, memanfaatkan potensi yang ada. Belum lagi ada kawasan mandiri Maja, pembangunan jalan tol, jalan ini akan jadi akses wisata lokal maupun mancanegara,” katanya. 

Tapi katanya selain pariwisata, problem predikat daerah Lebak yang tertinggal juga jadi prioritas selama 5 tahun ke depan. Pemkab katanya sudah menyiapkan agenda Lebak Bersih, Lebak Cerdas, Lebak Sehat untuk pengentasan daerah tertinggal. 

Tapi, program-program tersebut lanjutnya perlu dukungan semua pihak termasuk pemerintah provinsi dan pusat. Karena, APBD Lebak menurutnya terlalu kecil untuk pembangunan. 

“Jembatan ada ribuan. Perlu sinergitas. 30 tahun nggak pernah selesai. Belum yang lainya, jalannya, kesehatannya tidak pernah selesai. Kalau bareng bisa bertahap. Apalagi sekarang proses kegiatan penganggaran ada aturannya,” pungkasnya. 

Iti kembali menjadi Bupati Lebak bersama pasangannya Ade Sumardi setelah menang melawan kotak kosong pada Pilkada Serentak lalu. Ia merupakan politisi Partai Demokrat dan anak mantan bupati sebelumnya Mulyadi Jayabaya. 

(bri/asp)



Leave a Reply