Provinsi Sumsel Apresiasi Tim Kunjungan Kerja Badan Legislasi DPR RI

Palembang, Sumselprov.go.id – Gubernur Sumatera Selatan yang dalam hal ini diwakili Asisten I Setda Prov.Sumsel Achmad Najib menerima Tim Kunjungan Kerja Badan Legislasi DPR RI dalam rangka Sosialisasi Program Legislasi Nasional  (Prolegnas) Rancangan Undang-undang (RUU) Prioritas Tahun 2019 dan Perubahan Prolegnas RUU Tahun 2015 – 2019 ke Provinsi Sumatera Selatan tanggal 14 – 17 Januari 2019. Acara berlangsung di Ruang Rapat Binapraja Kantor Gubernur Sumatera Selatan. Senin (14/01/2019).

Dalam sambutannya Asisten I mengucapkan selamat datang kepada ketua dan anggota di Bumi Sriwijaya. Hadir bersama menerima kunjungan Pimpinan dan rombongan  Tim Prolegnas DPR RI adalah FKPD, Forkominda, Perwakilan dari Mapolda Sumsel, Kodam II Sriwijaya, Kejati Sumsel, seluruh jajaran baik dari perguruan tinggi yang hadir disisni, dari Kementerian KUM dan HAM, OPD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Civitas Akademika, Universitas Sriwijaya dan Universitas Muhammadiyah.

“Selain saran dan masukan kami juga ada beberapa program yang berkaitan dengan legislasi nasional agar ketua maupun anggota memberikan informasi kepada kami dalam rangka kunjungan tersebut”, ujar Achmad Najib yang juga menjabat Plt. Kadis Pariwisata Prov.Sumsel.

Sementara Ketua Tim/Ketua Baleg Dr.Supratman Andi Agtas, SH.MH. menyampaikan maksud dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk menyebarluaskan Prolegnas RUU Prioritas Tahun 2019 dan perubahan Prolegnas Tahun 2015 – 2019 kepada seluruh komponen masyarakat.

Adapun tujuan adalah agar masyarakat mengetahui rencana pembentukan hukum yang akan mengatur peri kehidupan masyarakat dan dalam proses pembentukan hukum tersebut.  Masyarakat dapat memberikan masukan-masukan, sehingga pada akhirnya setiap RUU yang akan ditetapkan menjadi undang-undang senantiasa mencerminkan kebutuhan dan apresiasi masyarakat.

Dijelaskan pula oleh Supratman Andi Agtas sasaran dari kegiatan ini, yang pertama adalah terjalinnya komunikasi dengan seluruh elemen masyarakat dan Pemerintah Daerah terkait proses pembentukan hukum yang sudah ditetapkan dalam Prolegnas RUU Prioritas Tahun 2019 dan Perubahan Prolegnas Tahun 2015 – 2019 yang dilakukan Badan Legislasi bersama Pemerintah dan DPD RI

Yang kedua sasaran kegiatan ini adalah terserapnya aspirasi masyarakat di daerah dan Pemerintah Daerah yang memiliki kepentingan terhadap beberapa atau keseluruhan RUU yang ada dalam Prolegnas RUU Prioritas Tahun 2019 dan Perubahan Prolegnas Tahun 2015 – 2019.

Sementara sasaran ketiga dari kegiatan ini adalah terselenggaranya pembahasan RUU yang masuk dalam daftar Prolegnas RUU Prioritas Tahun 2019 dan Perubahan Prolegnas Tahun 2015 – 2019 yang sesuai dengan arah kebijakan nasional dan sasaran keempat adalah terwujudnya undang-undang yang aspiratif dan memenuhi kebutuhan hukum di masyarakat.

Sedangkan metode sosialisasi dari kegiatan ini melalui kunjungan kerja ke daerah-daerah dan audiensi atau rapat dengar pendapat umum secara khusus dengan beberapa kelompok masyarakat baik profesi maupun lainnya yang memiliki kepentingan terhadap RUU.

“Kegiatan Prolegnas RUU Prioritas Tahun 2019 dan Perubahan Prolegnas Tahun 2015 – 2019 dilaksanakandi 3 (tiga) provinsi yaitu Provinsi Bali, Sumatera Selatan, dan Jawa Timur”, pungkas Supratman Andi Agtas.

Pada sesi diskusi Plt. Kadis Komunikasi dan Informatika Prov.Sumsel Jon Kennedy, SE., M.Si membahas mengenai RUU tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan RUU tentang Keamanan dan Ketahanan Siber  yang secara teknis merupakan tupoksi Dinas Kominfo.

Kegiatan ini ditutup dengan bertukar cindera mata dan foto bersama.



Leave a Reply