Sandi Ungkap Ada Usul Serang Personal di Debat, tapi Ditolak Prabowo


Capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. (Foto: dok ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Jakarta – Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02 Sandiaga Unoberjanji tidak akan ‘menyerang’ personal dalam debat perdana pada 17 Januari 2019. Namun dia tidak menampik adanya usulan mengenai itu dari timnya.

“Memang ada usulan dari BPN (Badan Pemenangan Nasional) tapi ditolak oleh Prabowo. Prabowo tak ingin saling menyerang. Pak Prabowo ingin semuanya dilakukan dengan penuh rasa saling menghormati dan santunan dalam budaya kita,” ujar Sandiaga saat ditanya soal persiapan debat perdana di kawasan Bulungan, Jakarta Selatan, Rabu (16/1/2019).

“Kita pikir bahwa simulasi itu penting, tapi kita tak siapkan khusus untuk menyerang. Karena menurut saya, ini adalah bukan budaya kita saling serang-menyerang, budaya kita adalah dengan sopan santun menyampaikan gagasan kita,” imbuh Sandiaga.

Sandiaga mengaku menghormati Joko Widodo (Jokowi) sebagai presiden dan Ma’ruf Amin selaku ulama. Dia mengaku hanya akan menyinggung persoalan yang ada di masyarakat.

“Kami tidak akan mengorek-ngorek, itu bukan style gaya Prabowo-Sandi. (Kami) hanya (menyinggung) kasus-kasus yang ada di masyarakat saja, yang ditanyakan, yang menjadi pertanyaan besar. Kita akan sangat hormati presiden dan akan memuliakan Pak Kiai,” kata Sandiaga.

Sebelumnya, Koordinator Debat TKN Jokowi-Ma’ruf, Abdul Kadir Karding menyinggung soal persiapan debat perdana. Ada dua hal yang disorot TKN, yaitu isu penculikan aktivis dan kasus korupsi PT Duta Graha Indah (DGI).

“Saya berpandangan ada 2 hal pokok yang saya kira akan menjadi masalah tersendiri bagi paslon 02. Pertama, kasus pelanggaran HAM dan penghilangan orang yang diduga dilakukan oleh Pak Prabowo. Ini saya kira menjadi hal penting yang perlu kami garis bawahi agar masyarakat tidak lupa dan mengetahui jejak rekam seseorang. Bahwa yang memimpin Indonesia ini haruslah orang-orang baik,” kata Karding kepada wartawan, Selasa (15/1). (zak/dhn)




Leave a Reply