Sandiaga Tak Masalah Kasus PT DGI Disinggung Timses Jokowi


Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno (Rifkianto Nugroho)


Jakarta – Kasus korupsi PT Duta Graha Indah (DGI) disinggung Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin karena sempat menyeret nama calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02 Sandiaga Uno. Lalu, apa tanggapan Sandiaga?

“Ya harus diangkat saja. Silakan,” ucap Sandiaga saat ditemui di kawasan Bulungan, Jakarta Selatan, Rabu (16/1/2019).

Sandiaga tidak menutupi latar belakangnya yang pernah menjadi komisaris di perusahaan itu. Dia juga menyebut kasus itu sudah terang benderang diusut KPK dan diadili di pengadilan.

“Silakan diangkat dan saya senang sekali kalau itu menjadi topik karena saya memahami secara mendetail apa yang terjadi,” kata Sandiaga.

“PT DGI adalah salah satu, tapi mungkin ada ribuan atau puluhan ribu yang melakukan hal yang sama. Dan silakan, tentunya didalami sehingga akhirnya yang mendapat manfaat adalah rakyat Indonesia,” imbuh Sandiaga.

Sandiaga pun menyinggung peran masyarakat serta sistem pengawasan terhadap praktik korupsi. Menurutnya, hal itulah yang perlu diperkuat.

“Bagaimana pengawasan dan peran masyarakat, peran dari sistem tata kelolagood corporate governance, peran daripada menghindari benturan kepentingan atau conflict of interest, peran daripada whistleblower, itu harus ditingkatkan,” ucap Sandiaga.

Kasus PT DGI itu sebelumnya disinggung Koordinator Debat TKN Jokowi-Ma’ruf, Abdul Kadir Karding. Dia meminta Sandiaga menjelaskan kasus itu.

“Saya kira salah satu yang menjadi pertanyaan publik adalah kasus DGI, di mana semua juga tahu bahwa salah satu komisarisnya adalah pasangan paslon 02. Jadi ini tentu menjadi ruang dan hal yang strategis untuk kami minta penjelasannya kepada Pak Sandiaga Uno dan Pak Prabowo,” ujar Karding kepada wartawan, Selasa (15/1). (zak/dhn)




Leave a Reply