Debat Capres Diawali dengan Penyampaian Visi-Misi, Lalu Pendalaman


Komisioner KPU, Wahyu Setiawan (Dwi)


Jakarta – KPU telah membuat susunan acara debat capres pertama dalamPilpres 2019. Pada debat perdana besok, total akan ada enam segmen yang digelar.

Segmen pertama adalah penyampaian visi-misi oleh kedua kandidat. Kemudian, segmen kedua dan ketiga adalah pendalaman visi-misi. 

“Jadi 2 dan 3 isinya itu sama, pendalaman visi-misi dan program. Jadi sesi 2, dua tema, sesi 3 dua tema. Pertama hukum dan HAM, kedua korupsi, dan terorisme,” ujar Komisioner KPU Wahyu Setiawan, saat dihubungi, Kamis (17/1/2019). 

Sedangkan sesi keempat dan kelima diisi merupakan acara utama, yakni debat antarkandidat. 

“Empat dan lima itu sudah debat antarkandidat. Nanti juga empat debat kandidat soal hukum dan HAM, lima debat soal korupsi dan terorisme. Keenam itu closing statement,” katanya. 

Debat perdana Pilpres 2019 akan berlangsung di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, nanti malam. Debat akan mengusung tema hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.

Sementara itu, siapa pelempar pertanyaan pertama telah diputuskan sebelumnya dengan cara diundi. Namun Wahyu mengaku lupa siapa yang mendapat giliran pertama untuk bertanya dalam debat. 

“Sudah diundi sampai dengan tata tempatnya juga sudah diundi. Tata tempat, siapa yang melempar pertanyaan dulu itu prinsipnya diundi. Sudah diundi pada tanggal 4 Januari,” pungkas Wahyu. (mae/ibh)





Leave a Reply