Revolusi Arsenal Butuh Waktu, Emery Minta Fans Bersabar


Arsenal masih tertatih-tatih bareng Unai Emery (Catherine Ivill/Getty Images)


London – Revolusi Arsenal di bawah Unai Emery sejauh ini belum memuaskan. Tapi, perubahan besar butuh waktu tak sedikit dan Emery minta fans bersabar.

Setelah tak lagi dilatih Arsene Wenger yang selama 21 tahun berada di kursi manajer, Arsenal menuju era baru musim ini. Emery yang sukses bersama Sevilla dan Paris St-Germain ditunjuk sebagai penerusnya.

Sempat menelan kekalahan beruntun dari Manchester City dan Chelsea di dua pekan awal Premier League, Arsenal lantas bangkit dengan mencatatkan 22 laga tak terkalahkan di seluruh kompetisi termasuk 12 kemenangan beruntun.

Gaya bermain Emery mulai disanjung-sanjung dan Arsenal disebut-sebut kembali menerapkan sepakbola cantik seperti di awal era Wenger. Semua sepertinya akan berjalan baik-baik saja karena Arsenal sudah ada di empat besar.

“Ketika klub mengganti manajer, itu karena mereka butuh sesuatu yang baru. Tantangannya adalah mencari sesuatu yang bagus – hal itu Anda harus pertahankan – meski Anda juga harus mengubah serta memperbaikinya. Tentu saja di klub ini, ada banyak hal yang harus diubah dan diperbaiki,” ujar Emery dalam wawancara denganSky Sports.

Tapi, masa bulan madu Emery di Arsenal sepertinya cepat selesai karena memasuki jadwal padat di bulan Desember, performa Arsenal menurun. Saat ini Arsenal terlempar ke posisi kelima dengan 41 poin, selisih enam angka dari Chelsea di posisi keempat.

Sedari pertengahan bulan lalu yang dimulai dua kekalahan beruntun dari Southampton dan Tottenham Hotspur, Arsenal cuma tiga kali menang di seluruh kompetisi (dua di Premier League dan satu di Piala FA). Sisanya, Arsenal empat kali kalah dan satu kali seri.

Kapasitas Emery pun mulai dipertanyakan dan kondisi makin memburuk ketika Kepala Pemandu Bakat Arsenal yang belum lama gabung, Sven Mislintat, cabut karena tak sejalan dengan visi pemilik klub Stan Kroenke. Belum lagi, Arsenal sepertinya takkan membeli pemain baru yang bisa mempersulit kerja Emery untuk mendongrak performa tin.

Meski berat, Emery yakin bahwa laju buruk Arsenal saat ini hanyalah proses dari revolusi yang tengah dijalani klub. Yang terpenting fans harus sabar menanti buah kerja kerasnya.

“Adaptasi dari klub dan tim sejauh ini berjalan positif. Terkait target utama kami yakni lolos ke Liga Champions dan finis empat besar memang belum kesampaian sejauh ini. Persaingannya sangat ketat,” papar Emery.

“Tapi pertama-tama, saya yakin kami punya waktu untuk meraih itu. Kedua, kami tahu bahwa proses ini akan sulit. Yang terpenting adalah sadar bahwa kesulitan itu pasti datang dan di saat itu, kami bisa membuat kemajuan. Itulah ide kami. Misinya adalah membawa klub ini kembali ke tempat semestinya, tapi semua butuh waktu.” (mrp/nds)





Leave a Reply