Pebisnis Kosmetik Malaysia Dipanggil Ulama Gara-gara Foto Bikini

Safiey Ilias berpose mengenakan bikini. Foto: Instagram @safieyillias94

Jakarta – Seorang transgender asal Malaysia menjadi perhatian pemuka agama di negaranya. Wanita transgender bernama Safiey Ilias tersebut mendapat atensi setelah memamerkan gaya hidup glamornya di Instagram.

Namun Safiey dikatakan menolak undangan untuk bertemu mufti (ulama yang berwenang mengintrepretasikan teks dan memberi fatwa) Datuk Seri Zulkifli Mohamad. Dalam sebuah surat terbuka, sang pemuka agama mengaku ingin mengajak Safiey minum teh dengan tujuan untuk bertukar pikiran.

“Aku tidak tahu apakah ini kesempatan yang pantas atau tidak. Tapi aku dengan rendah hati mengajakmu untuk ke kantor mufti agar kita dapat bertukar cara pandang, membagi perasaan, dan mungkin ada sebuah perspektif bahwa aku bisa membantu untuk kebaikan kita,” tulis Datuk Seri Zulkifli Mohamad.

Panggilan itu dialamatkan kepada Safiey setelah kantor mufti menerima beberapa foto Safiey mengenakan bikini dan unggahan lainnya di Instagram. Mengaku tidak mengetahui kebenaran foto itu, Zulkifli berusaha untuk bertemu langsung dengan transgender tersebut.

Dalam sebuah unggahan di Instagram beberapa waktu lalu, Safiey pun curhat mengenai undangan itu. Safiey mengaku menolak undangan minum teh tersebut karena tak ingin masyarakat menganggap ia akan berubah setelahnya.

“Bukannya aku tidak ingin bertemu dengan mufti tapi masyarakat sering berekspektasi terlalu banyak. Seperti setelah bertemu dengan mukti, aku akan berubah menjadi seorang pria. Atau orang lain akan berkata itu hanya marketing untuk sebuah lagu baru, produk baru atau bahkan menunggangi agama,” tulis Safiey di akun Instagram-nya.

Safiey sendiri adalah seorang pebisnis yang menjual berbagai kosmetik melalui Instagram. Dari usahanya itu, Safiey dilaporkan menerima banyak keuntungan. Selain unggahan produk kecantikan dan testimoni pelanggan, transgender 24 tahun tersebut memang kerap memamerkan gaya hidup mewahnya di Instagram.

Beberapa kali Safiey yang juga penyanyi terlihat berpose dengan tas mahal, liburan dengan yacht, hingga berbikini. Tampaknya hal tersebut juga menjadi perhatian para pemuka agama di Malaysia yang berharap ia bisa kembali menjadi pria.

Di 2016, sebenarnya transgender berpenampilan glamour ini pernah mencoba untuk menjadi pria namun kembali berpenampilan menjadi wanita setahun kemudian. Meski tetap memakai nama Safiey, ia sering memanggil diri sendiri dengan Syinta dalam beberapa unggahan Instagram. 
(ami/hst)



Leave a Reply