Raih MURI, Bawaslu Sumsel Siap Sukseskan Pemilu 2019

Palembang sumselprov.go.id– Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) memberikan penghargaan kepada Bawaslu Provinsi Sumsel karena melaksanakan apel kesiapsiagaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 dengan dihadiri oleh 4000 anggota Pengawas Pemilu se-Sumsel.

Pelaksanaan apel ini pertama kali dilaksanakan di Indonesia, dan menandakan kesiapsiagaan para anggota Bawaslu dalam melaksanakan tugasnya.

Hal ini diungkapkan oleh Menko Polhukam RI, Wiranto, saat menjadi pembina apel di Apel siaga pengawasan Pemilu 2019 diselenggarakan oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sumsel Dining Hall Wisma Atlet Jakabaring Sport City Palembang,  Senin, 21/01/2019.

“Negara Republik Indonesia menganut paham demokrasi dengan kedaulatan rakyat dilaksanakan berdasarkan undang-undang dasar yang diwenangkan kepada Pemimpin Pusat dan daerah untuk mewakili dan menjalankan kedauktan rakyat, itulah sebab dilaksanakan Pemilu Presiden maupun Legislatif,” katanya.

Ia mengatakan bahwa pemimpin bertanggung jawab kepada rakyat oleh karena itu rakyat diharapkan dapat mengethaui dan memahami informasi-informasi mengenai kualitas dari para pemimpin yang akan dipilih.

“Pemilu harus telaksana dengan aman, berkualitas, sukses, bermartabat, jujur, dan adil sehingga hasilnya proses demokrasi dapat berjalan dengan baik. Hal ini tentu harus didukung oleh para pengawas pemilu yang berkualitas juga,” ungkapnya.

Ia mengajak kepada seluruh peserta yang hadir untuk dapat menjaga pelaksanaan Pemilu dengan damai tanpa konflik.

“Indonesia dimata Internasional telah dinilai sebagai negara teraman nomor 9 di Dunia, sebagai pemerintahan dengan tingkat kepercayaan masyarakat ke pemerintah no 1 di dunia, dan sebagai negara dengan tujuan investasi no 2 di dunia,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengapresiasi Bawaslu Provinsi Sumsel yang mendapatkan rekor muri atas pelaksanaan kegiatan ini dengan menghadirkan ribuan anggota Bawaslu dari seluruh Provinsi Sumatera Selatan.

“Kegiatan apel siaga ini dihadiri oleh ribuan peserta sehingga mendapatkan rekor muri, mudah-mudahan ini menjadi pertanda baik bahwa pemilu di Sumsel akan berlangsung jujur, aman, adil, dan bermartabat,” kata Gubernur. 

Ia mengatakan bahwa Pemilu akan berlangsung dengan baik karena adanya kesiapsiagaan dari penyelenggaranya, salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu melalui kegiatan ini.



Leave a Reply