Ini Pesan Menhub kepada Wisudawan Pascasarjana UGM Jelang Pilpres


Budi Karya Sumadi (Foto: Usman Hadi)

Yogyakarta – Saat menjadi pembicara pembekalan calon wisudawan program pascasarjana UGM, Menhub Budi Karya Sumadi memberikan pesan khusus menjelang pelaksanaan Pilpres 2019. Dia berpesan agar perhelatan politik Pilpres tidak mengancam NKRI.

“Kita harus menjunjung kesatuan. Mengubah dari teriak-teriak nyalahin orang, nyalahin orang, nyalahin orang, hoax sana-sini, enggak usah,” ucap Budi, Selasa (22/1/2019).

Hal itu diucapkannya saat menjadi pembicara pembekalan calon wisudawan program pascasarjana UGM di menjadi pembicara pembekalan calon wisudawan program pascasarjana UGM.

Kepada calon wisudawan, Budi mengatakan segenap elemen bangsa harus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Jangan sampai persatuan yang sudah dibangun terkoyak karena kepentingan politik.

“Di tengah kita ada kontestasi Pilpres, saya pikir bagaimanapun juga kita harus menyatakan NKRI menjadi suatu basis pemikiran kita. Jangan ada yang berpikir tentang persatuan dan kesatuan itu nomor dua, enggak,” paparnya.

“Indah nggak kita bisa ke Papua dengan senang, ke Aceh dengan senang. Maukah kita tercerai berai? Kan enggak mau. Ini yang menjadi sesuatu kekuatan,” lanjutnya.

Keberagaman di Indonesia, lanjut Budi, bisa dipersatukan dengan ideologi Pancasila. Oleh karenanya, persatuan dan kesatuan yang sudah dibangun harus dipelihara bukan justru dikoyak.

“Kita bisa mempersatukan dengan Pancasila. Afganistan itu sukunya enggak lebih dari 20, tercerai berai dengan suatu kondisi yang ya maaf kurang baik,” pungkas dia.
(mbr/mbr)





Leave a Reply