Motor Bebek yang Dipakai untuk Umroh, Ternyata Jupiter MX



3 Rider Malaysia Umrah Naik Motor. Foto: Dok. Facebook Gie Mekoh Nga Mutor

Jakarta – Tiga pria asal Kelantan, Malaysia, melakukan perjalananumrah tak biasa. Mereka menunggangi sepeda motor dari Malaysia hingga Mekah.

Tak tanggung-tanggung, kawanan yang menamakan dirinya ‘Gi Mekoh Nga Mutor’ ini menempuh jarak 14.000 km selama 2 bulan untuk melangsungkan misi religi ibadah ke Tanah Suci. Mereka adalah Diami Yusuf (58), Mohamad Fadhli (40) dan Mohd Zalani (64).

Bukan motor touring atau motor gede (moge), ketiganya mengandalkan motor bebek. Ternyata, mereka menggunakan motor Yamaha Jupiter MX135.

“Iya Yamaha LC135. Sama dengan Jupiter 135,” kata Fadhli menjawab detikOto melalui pesan Facebook

Di Malaysia, motor bebek tersebut dijual dengan nama LC135. Di Indonesia, Jupiter MX135 sudah tidak diproduksi lagi.

Niat Gi Mekoh Nga Mutor naik motor menuju Tanah Suci cukup unik. Mereka ingin berangkat umrah naik motor untuk mengeksplorasi kesulitan orang-orang dahulu saat beribadah ke Mekah. Ketiga rider itu pun membuktikan bahwa walaupun hanya menggunakan motor bebek, mereka bisa beribadah ke Tanah Suci.

Saat ini, Fadhli dkk sedang khusyuk menjalankan ibadah umrah. Rencananya, pekan depan ketiganya akan kembali ke kampung halamannya.

Soal motor yang digunakan untuk berangkat umrah, Yamaha LC135di Malaysia menggendong mesin satu silinder 134 cc. Mesin dikawinkan dengan transmisi tipe rotary empat percepatan. Sepertinya Gi Mekoh Nga Mutor sering mampir ke SPBU lantaran tangki bensinnya cuma 4 liter. (rgr/lth)



Leave a Reply