Kemenkes Perkirakan Angka Penularan DBD Tahun Ini Meningkat

Jakarta – Terpantau hingga saat ini angka penularan demam berdarah dengue (DBD) mencapai ratusan orang dan beberapa di antaranya meninggal dunia. Sekretaris Jendral (Sekjen) Kementerian Kesehatan, Oscar Primadi, mengatakan di semua wilayah Indonesia memang masih endemis DBD.

“Data nanti akan kita coba cari, tapi pasti ada peningkatan yah karena situasi seperti sekarang ini,” ujarnya saat dijumpai di Kantor Kementerian Kesehatan, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (25/1/2019).

Untuk daerah yang telah terjangkit DBD, Oscar mengatakan dinas kesehatan dan pemerintah daerah setempat sudah bergerak untuk melalukan penyelidikan agar mampu menekan angka kejadian.

“Saya yakin dinkes sudah bergerak. Tidak hanya fogging, tapi penyelidikan epidemologis sebelumnya. Kemudian pemetaan karena sesuatu itu harus dilakukan secara efektif dan efisien,” tambahnya.

Dalam penanganan DBD, melakukan penyemprotan atau fogging dirasa tidak efisien jika tidak dibarengi dengan perhatian masyarakat mengenai kesehatan diri dan lingkungan sekitarnnya.

“Fogging bukan satu-satunya intervensi, sekali lagi saya mengimbau seluruh masyarakat di dalam kondisi saat ini, penghujan ini, jaga kesehatan, jaga lingkungan,” pungkasnya.(kna/up)




Leave a Reply