12 Anggota dan Simpatisan KKSB Papua Menyerahkan Diri

Foto: 12 anggota dan simpatisan KKSB Papua menyerahkan diri. (Wilpres)

Jayapura – Dua keluarga anggota Kelompok Kriminal Sipil Bersenjata (KKSB) Papua menyerahkan diri. Mereka menyatakan setia kepada Pancasila dan UUD Negara RI. 

Penyerahan diri anggota KKSB itu diterima Komandan Korem 172/Praja Wira Yakti, Kolonel Inf. Binsar P Sianipar dan Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru di Pos Kotis Skow, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 328 Dirgahayu, Jumat (25/1). Mereka juga menyerahkan satu pucuk senjata api jenis beserta sejumlah amunisinya.

Binsar mengatakan ada 2 kepala keluarga berjumlah 12 jiwa resmi kembali bergabung ke NKRI. Salah satunya adalah pejabat yang berada di bawah komando langsung Mathias Wenda, salah satu pimpinan KKSB yang selama ini kerap menebar teror terhadap warga.

“Kita patut bersyukur mereka dengan sadar kembali ke NKRI, ini tidak ada paksaan, murni dari kemauan mereka sendiri, setelah tuntutan mereka selama ini sudah di jawab pemerintah, melalui pembangunan di berbagai bidang di Papua. Ini juga hasil dari pendekatan yang dikemas dalam Operasi Cinta Kasih yang dilaksanakan di jajaran Kolakops Korem 172 Praja Wira Yakti,” ujar Binsar dalam konferensi persnya, Sabtu (26/1/2019).

Menurut Binsar, mereka menyerahkan diri atas kesadaran sendiri. Pihaknya akan memberikan pertimbangan khusus, sehingga bebas dari jeratan hukum.

“Ke depan kita berharap mereka bisa menjadi contoh bagi KKSB lainnya, sehingga akan lebih banyak lagi simpatisan maupun anggota KKSB yang sadar dan mau kembali ke NKRI untuk membangun Tanah Papua yang lebih baik lagi ke depan,” katanya.
Sebagai bentuk tindak lanjut dari kembalinya mantan personel dan simpatisan KKSB itu, lanjut Binsar, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah agar mereka bisa kembali memperoleh hak-hak sipilnya sehingga bisa memperoleh pendidikan, pekerjaan dan kehidupan yang lebih layak.
(idh/idh)



Leave a Reply