Cegah DBD, 5 Tanaman Ini Ampuh untuk Mengusir Nyamuk

Foto: thinkstock

Jakarta – Di beberapa daerah di Indonesia, salah satunya DKI Jakarta, kasus demam berdarah dengue (DBD) meningkat dan bahkan sudah menyebabkan kematian. Musim hujan yang semakin tidak menentu dan lingkungan yang tidak bersih menjadi faktor utama penyebaran DBD yang sangat drastis.

Nyamuk penyebar DBD, Aedes Aegypti, berkembang biak di genangan air. Saat nyamuk-nyamuk menyerang, kita cenderung mengandalkan penyemprot serangga. Padahal ada beberapa cara alami yang bisa mengusir nyamuk, salah satunya dengan menggunakan tanaman-tanaman berikut ini:

1.Lavender

Foto: (Baban/detikTravel)

Lavender (Lavandula) adalah genus tumbuhan yang memiliki anggota 25-30 spesies. Ia termasuk tumbuhan dari jenis rumput-rumputan, semak pendek, dan semak kecil.

Lavender populer dijadikan bahan dasar lotion antinyamuk karena mengandung zat linalool dan lynalyl acetate yang tidak disukai oleh nyamuk. Bila seseorang memeliharanya sebagai tanaman hias dan ingin terhindari dari nyamuk, cukup dengan cara menggosokkan bunga ke seluruh bagian tubuh.

2.Serai

Foto: iStock
Foto: iStock

Serai atau sereh (Cymbopogon citratus) adalah tumbuhan anggota suku rumput-rumputan yang umum dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Namun bila diolah lewat cara penyulingan serai akan menghasilkan minyak atsiri dengan kandungan sitronela tinggi yang tidak disukai oleh nyamuk dan serangga lainnya.

Tanpa diolah efek mengusir serangga tersebut bisa tetap ada pada tumbuhan serai sehingga kehadirannya di rumah dapat membantu menjaga anggota keluarga dari gigitan nyamuk.

3.Lemon Balm

Foto: iStock
Foto: iStock

Lemon balm adalah salah satu tanaman dalam keluarga mint. Memiliki aroma lemon yang lembut mirip dengan rasa mint. Umumnya digunakan untuk perasa dalam es krim dan juga herbal tea, namun juga cocok untuk digunakan sebagai bumbu makanan yang mengandung ikan.

Tanaman lemon balm memiliki aroma yang kuat karena memiliki kandungan tinggi zat pengusir serangga. Akan tetapi perlu hati-hati dalam menanam lemon balm karena ia tumbuh dengan cepat dan bisa menjadi benalu.

4.Peppermint

Foto: Thinkstock
Foto: Thinkstock

Tak ada yang salah dengan menaruh peppermint di dalam rumah. Wanginya yang menenangkan, sama seperti lavender, juga menjadi salah satu favorit sebagai pewangi alami.

Salah satu anggota dalam keluarga mint, peppermint juga memiliki manfaat bagi kesehatan dan minyak yang ada di daunnya bisa menyingkirkan hama dan pes yang ada di sekitaran rumah.

5.Citronella

Foto: Thinkstock
Foto: Thinkstock

Citronella awalnya digunakan dalam parfum, karena wanginya yang sangat segar. Minyak esensial dan ekstrak dari tanaman Citronella sangat efektif untuk menyingkirkan nyamuk.

Bahkan dalam beberapa produk pengusir serangga dan nyamuk, ekstrak citronella sudah banyak digunakan.

(frp/up)




Leave a Reply