Polda Jabar Bentuk Satgas Kawal Duit Bansos Rp 54 Triliun

Ilustrasi uang (Foto: grandyos zafna)

Bandung – Polda Jawa Barat menjamin penyaluran dana bantuan sosial (bansos) masyarakat tepat tujuan. Aparat akan mengawal langsung proses penyaluran bansos yang dikucurkan Kementerian Sosial (Kemensos) senilai Rp 54 triliun tersebut.

“Sudah ada MOU di pusat, kita di daerah membentuk Satgasda (Satuan Tugas Daerah) yang diketuai oleh Wakapolda Jabar. Di dalam satgas harapannya penyaluran bansos tepat sasaran, tepat guna, tepat waktu dan teknis,” ucap Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jabar Kombes Samudi di Mapolda Jabar, Sabtu (26/1/2019).

Samudi menjelaskan personel fungsional Polri dilibatkan. Proses pengawalan akan dilakukan oleh unit Sabhara. Sementara pendistribusian dilakukan oleh unit Binmas baik di Polda maupun Polres-polres.

Samudi menambahkan mengingat duit yang dikeluarkan cukup banyak, pengawalan ini dilakukan agar tidak terjadi penyimpangan dalam proses pendistribusian. Kalaupun terjadi, pihaknya akan melakukan tindakan hukum terhadap pelaku.

“Kalaupun terjadi penyimpangan, tentunya kami akan koordinasi dengan Dinsos apakah ini ada unsur kesengajaan atau tidak,” tuturnya.

Polri sendiri bertugas untuk pengawalan saja. Sementara penyimpanan duit hingga penyaluran ke masing-masing masyarakat yang telah terdata dilakukan oleh dinas sosial baik tingkat provinsi maupun Kabupaten/Kota.
(dir/mud)



Leave a Reply